Jenis – Jenis Busana Wanita

Mengenal Jenis Busana Wanita Terbaru

Busana -Dalam perang kedua banyak wanita yang beralih mengerjakan pekerjaan pria. Tempat pekerjaan yang mereka lakukan diantaranya yaitu di pabrik–pabrik dan di ladang-ladang. Sehingga mengharuskan seorang wanita mengenakan busana celana. Akan tetapi setelah perang usai pun masih ada beberapa orang yang tetap menyukai Jenis Busana ini.

Pada tahun 1960-an nama mode celana disaat itu adalah unisex. Namun pada masa ini bagi wanita yang memakai celana sering kali masih di larang. Dengan segala persoalan dan berbagai perdebatan dengan berbagai alasan. Busana celana lebih santai ketika dikenakan. Kemudian pada tahun 1970 lambat laun semakin tenang dan mereda. Dan sekitar tahun 1980-an masih ada ternyata respon negatif dari kalangan masyarakat.

Khususnya pada keinginan kaum hawa untuk mengenakan celana ke kantor secara bebas. Namun perjuangan yang dilakukan kaum hawa ini tak mengenal lelah. Mereka masih berjuang untuk memakai celana hingga hampir mencapai kemenangan. Celana yang memiliki model dengan berbagai variasi panjangnya akhirnya dapat diterima sebagai salah satu jenis busana. Busana wanita celana ini dapat digunakan sebagai pelengkap casual (santai) maupun digunakan secara formal.

Beberapa Jenis Busana Wanita

Salah satu jenis Busana Wanita yang telah di bahas tadi yaitu celana. Dalam bahasa inggirnya yaitu Trousers yang merupakan pakaian luar yang menutupi badan dari pinggang hingga ke mata kaki. Yang dipisah menjadi dua bagian hingga penggunaannya paha kanan dan kiri juga terpisah. Celana di pakai pria sejak jaman dahulu kala dengan bermacam – macam bentuk desainnya. Namun celana baru-baru ini digunakan oleh wanita.

Jenis Busana Wanita yang lain yaitu Blus yang berarti pakaian khusus wanita. Bahan untuk pembuatan blus biasanya terbuat dari katun atau sutra. Dapat di desain dengan kerah ataupun tidak, serta terdapat lengan maupun tanpa lengan. Blus memiliki lebih banyak jahitan daripada atasan yang biasanya. Blus ini biasanya memiliki desain yang lebih feminim misalnya dibuat dengan memiliki lipatan, terdapat pita pada leher.

Contoh lain dari desain feminim pada blus yaitu memiliki kancing – kancing dll. Pakaian blus sederhana dapat digunakan untuk bekerja ke kantor, maupun ke bank. Blus ini dapat Anda gunakan dengan setelan rok ataupun celana. Ada juga Busana Bolero yang berasal dari tarian Spanyol, tarian dengan langkah dan berhenti dengan dramatis.

Jenis Busana Bolero yaitu sejenis jaket yang pas ke badan wanita ketika dikenakan. Jenis Busana Wanita ini  memiliki ukuran setengah dada dan terbuka pada bagian depannya dapat pula di desain lengan pendek maupun lengan panjang. Jenis Busana lainnya yaitu cardigan berupa semacam jaket namun terbuka. Dan dapat didesain dengan memberi kancing maupun ritsleting di bagian depannya. Nama ini berasal dari nama seorang komandan militer di Inggris yaitu James Thomas Brudenell, Earl of Cardigan. Bahan untuk membuat cardigan ini biasanya terbuat dari bahan wol atau katun dengan bantuan mesin, namun dapat juga dilakukan secara manual.

Hoodie juga salah satu Busana Wanita yaitu berupa sweater yang memiliki topi. Biasanya di desain dengan saku pada bagian depan dan ada talinya juga sesuai dengan topinya. Sweater ini memiliki kancing dan resleting depan. Desain ini berasal dari pengembangan pakaian formal pastor katolik di abad pertengahan. Pada saat ini Hoodies sangat digemari khususnya bagi pemain hip hop, skateboard dan pelancar sebagai pakaian atasan ketika bermain.

Tenktop merupakan busana yang dipakai wanita dengan diproduksi tanpa memiliki lengan. Nama Busana ini berasal dari kata “swimming tank” dalam bahasa inggris yang artinya kolam renang. Busana ini cocok dikenakan disaat cuaca panas berupa pakaian casual. Selanjutnya yaitu sweater, jumper ataupun jersey yang berupakan busana sedikit lebih berat untuk menutupi badan dan lengan.

Sweater biasanya dipakai sebagai luaran dari kemeja, blus dll. Busana Wanita ini terbuat dari kain wool, katun benang atau yang lainnya. Bedanya dengan Cardigan yaitu terbuka bagian depannya, Pullover tidak terbuka sedangkan sweater tidak memiliki lengan. Desain sweater biasanya berupa rompi disebut sweater karena didesain untuk menyerap keringat. Dalam bahasa inggris sweat artinya keluar dari badan.

Busana lainnya yaitu Rompi berupa pakaian tanpa lengan yang dilengkapi kancing bagian depan. Rompi ini dapat dikenakan diluar kemeja. Bisa juga dengan kombinasi tiga potong yaitu celana panjang, kemeja dan jas. Cocok ketika dikenakan untuk orang yang pergi ke kantor. Kemeja berasal dari bahasa Portugis camisa yaitu busana atau pakaian atas terutama untuk ria. Pakaian ini menutupi lengan, bahu hingga ke perut.

Selanjutnya Tips Memilih Busana yaitu kaos oblong (T-shirt) Busana Wanita yang menutupi sebagian lengan seluruh dada dan perut. Kaos oblong biasanya tidak akan memiliki kancing, kerah atau saku karena pasti oblong (polos). Kaos oblong pada umumnya berlengan pendek dengan bahan katun atau poliester dapat juga dikombinasikan dari keduanya. Kaos dapat dipakai wanita maupun pria tanpa batasan usia.

Busana Wanita yang lain yaitu Rok dapat berbentu pipa atau kerucut. Rok dapat menutupi pinggul sampai sebagian atau seluruh bagian kaki. Bedanya dengan celana yaitu tidak dibagi menjadi dua seperti pada celana. Rok ini merupakan busana yang langsung menutupi seluruh atau sebagian hingga kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *